Selasa, 02 Februari 2016

TUTORIAL DASAR MEMBUAT TEKS PADA ADOBE PREMIERE CS

Kali ini kita akan belajar bagaimana dasar membuat teks pada Adobe Premiere Creative Suite, dan dasar penggunaaan animasi keyframenya.

Pertama, kita akan buat project baru, pilih new project, 













Kemudian rubah nama projectnya dengan text, dan yang ikuti pengaturannya sebagai berikut : 













Nah kemudian muncul jendela new sequince, silahkan pilih pengaturan default dengan pengaturan standar DV-PAL Standar 48Khz, dan kemudian oke. Karena disini kita hanya menggunakan standar dv saja.



 










Setelah muncul tampilan utama premiere, pada jendela project, klik kanan pada jendela kosong, kemudian pilih new item, lalu pilih title.
















Maka muncul lahpengaturan New title, kemudian pada kolom nama kita beri nama Judul saja. Kemudian oke.











Nah maka akan muncul tampilan seperti ini, yaitu tampilan standar pembuatan text adobe premiere.

 

 










Kemudian pilih type tool (T) seperti pada gambar diatas Kemudian klik bebas pada kolom kosong di tengah jendela, makan akan muncul gambar seperti ini :
Dan ketik teks sesuka hati
















Untuk merubah font sesuai keinginan silahkan pilih font disamping kanan, pada menu font family, seperti pada gambar diatas:
Jangan lupa untuk memblok dulu textnya, seperti merubah font pada umumnya. Dan kemudian silahkan pilih jenis fontnya sesuka hati.









 








Dan untuk pemilihan warnanya, jangan lupa untuk diblok dulu textnya, kemudian pilih jenis warna sesuka anda :
Pada menu fill, silahkan klik color yang berwarna putih, maka akan muncul  kotak color picker, seperti pada gambar diatas, dan silahkan pilh warna sesuka anda. 
Maka akan tampak seperti gambar, dan saya memilih warna merah, apabila text tidak pas ditengah – tengah kolom, silahkan plih tool select tool , dan kemudian klik text yang ingin dirapikan.
Maka akan text akan tepat berada ditengah seperti gambar diatas.















Kemudian tutup text tools nya, maka text otomatis tersimpan pada jendela project ,















 Oke, setelah itu drag text dari jendela project ke sequence, maka teks akan tampil pada monitor sequence.











Baiklah, tahap awal pembuatan teks telah selesai, jika teks masi perlu diedit, silahkan klik dua kali pada teks yang akan di edit, maka premiere akan menampilkan jendela teks edit. Setelah itu silahkan tutup kembali jendela teks.




















LANJUTAN TEXT MOTION

 











Tahap pertama sebelum membuat motion text yaitu siapkan text yang telah anda buat, setelah itu masuk ke Effect Controls jangan lupa aktif di text yang ingin di edit, 
















Setelah itu masuk ke motion fx pada menu effect controls, sebelum memulai animasi toggle animation belum aktif, maka aktifkan dulu toggle animation, seperti gambar disamping pada effect position, toggle animasinya telah aktif dan akan muncul benda kecil yang disebut keyframe. 

 






















Jangan lupa posisikan Time Line indikator pada posisi nol, atau detik pertama sebelum mulai mengedit. Setelah itu geser posisi timeline indikator ke detik kedua, lalu ubah angka misalkan sumbu x (Horizontal)= 420 dan sumbu y (vertikal) = 450 , maka posisi text akan bergeser ke kanan bawah. Lalu tekan play atau spasi dari detik pertama, maka text akan bergerak.














 
 







Dan selesai..
Pada dasarnya, animasi teks ini menggunakan keyframe dan bermain di toogle animation. sehingga bisa bergerak sesuai angka dan arahnya.












Demikianlah tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan mudah dimengerti, jika ada kesulitan pada tulisan, silahkan mampir di youtube channel saya dibawah ini, mengenai animasi teks bergerak.














TUTORIAL: ADOBE PREMIERE - MEMBUAT TEKS BERGERAK

sampai jumpa ditutorial berikutnya.. :)

- salam Yusri Pradana
Share:

0 komentar:

Posting Komentar