Rabu, 27 Januari 2016

TIPE DAN JENIS SOFTWARE EDITING VIDEO FROM BASIC TO EXPERT

Pada dasarnya mengedit sebuah video atau menyatukan berbagai macam gambar, audio dan video proses kerjanya sama. yaitu saling membutuhkan, bekerjasama dan berhubungan antara satu dengan yang lainnya. sehingga yang membedakan adalah softwarenya. yah, perangkat lunak atau software sebuah editing video saat  ini banyak sekali jenisnya, tergantung bagaimana konsep dan kebutuhan dari masing - masing pembuat video. Dan tentu saja setiap software memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. 

Berikut saya akan memberikan contoh – contoh software editing video yang sering digunakan di dunia editing. Mulai dari yang standar hingga yang professional. dan juga semua rangkuman ini tergantung dari pengalaman saya sebagai pengguna software, jadi mohon maaf jika ada salah dalam penjelasan.

  1. Software Bawaan dari Operating System diantaranya adalah Windows Movie Maker dan iMovie

 Windows Movie Maker software bawaan dari Windows
Sumber


Software yang satu ini adalah software yang paling familiar dan termudah di mata editor video, mengapa demikian, karena software ini sudah ada sejak penginstalan dari windows, sehingga bagi seseorang yang baru belajar edit video pasti kenal dengan software ini. selain itu software ini juga sangan mudah dalam penggunaannya, walaupun kecanggihan dari software ini masih terbatas.


iMovie software bawaan dari Machintosh
Sumber

Dari segi tampilan, iMovie tentu saja menang, karena lebih cerah dan lebih menarik tampilannya. bukan hanya itu iMovie juga lebih unggul dalam mengekspor sebuah file video, karena bisa dibilang kualitas exporannya lebih bagus dari Movie Maker


      2. Software Editing Video Semi Professional

Sony Vegas Pro
sumber
Sony Vegas Pro adalah salah satu software yang paling banyak digunakan oleh editing pemula, selain fungsi dan fitur yang komplit. sony vegas juga tidak begitu membutuhkan perangkat komputer yang wah. selain itu untuk proses export sangat mudah digunakan dan kualitas video yang baik.


 Corel Video Studio
sumber
Corel Video Studio, dulu namanya Ulead Video Studio, dikarenakan softwarenya entah diakuisisi atau dibeli oleh COREL jadi berganti nama menjadi Corel Video Studio. Menurut saya ini adalah saingan berat dari Sony Vegas Pro, mengapa saya mengatakan demikian. karena software ini juga lumayan banyak fungsi dan fiturnya. selain itu template, efek dan transisinya banyak variannya, jadi jika anda ingin mengedit video tanpa harus susah payah membuat efek video, silahkan gunakan software ini.


       3. Software Editing Video Professional

Nah kali ini kita akan masuk  di segment jenis professional, kenapa saya katakan demikan karena software ini selain fungsi dan fiturnya yang membingungkan software ini juga yang paling sering dipakai di dunia Broadcasting baik Televisi maupun Rumah Produksi.

Adobe Premiere Pro
Sumber Pribadi
Siapa yang tidak mengenal software yang satu ini, ya Adobe Premiere Pro, adala sebuah software yang paling banyak digunakan dikalangan editor video, entah itu pribadi, produksi kecil hingga produksi film holliwood. software ini adalah software yang paling banyak serinya atau yang paling banyak upgradenya. selain itu karena pengguna Windows di Indonesia paling besar, otomatis Premiere Pro yang paling sering digunaka dibanding saingannya.

Final Cut Pro 7 & X



Oke, kedua software ini bisa dibilang saling bersaing entah dari dunia OS maupun Kemampuan. pertama untuk Final Cut Pro 7, biasa disingkat jadi FCP 7, software ini dari segi tampilan tidak jauh bedanya dengan premiere pro. bagi anda yang sering menggunakan premiere dan baru menggunakan final cut pro 7, tidak butuk waktu lama untuk menyesuaikan, karena hampir semua tampilan familiar dimata premiere user. kecuali ''shortcut'' nya dan "live preview". tetapi yang pasti fungsi dan keunggulan jadi pilihan masing - masing penggunanya. 

Untuk Final Cut Pro X, software ini dari segi tampilan dengan FCP 7 sangat jauh sekali. bisa dikatakan FCP X adalah regenerasi dai iMovie, karena menurut saya tampilannya tidak jauh berbeda dari iMovie, kecuali fiturdan  folder tambahan ataupun folder efek dan sebagainya. selain itu FCP X juga mempunyai banyak template efek standar, mulai dari yang biasa hingga yang luar biasa. mungkin menurut saya software ini menjadi saingan Corel Video Studio dalam pemberian efek template. dan satu hal yang harus disiapkan oleh pengguna software ini adalah, kapasitas hardisk yang sangat besar ditambah dengan kemampuan dari perangkat komputer itu sendiri.


Edius Pro

Mungkin ada beberapa yang bertanya, seperti apakah software ini atau bagaimanakah keunggulan dari Edius Pro. saya juga sebagai pemula dalam menggunakan edius tidak begitu paham seluk beluknya. tetapi yang saya tau software ini lebih mengutamakan kecanggihan teknologi dan menyesuaikan seiring berkembangnya zaman. contoh keunggulan software ini adalah versi Edius Pro yang terakhir, yaitu mampu mengedit file berformat Kualitas tinggi seperti 4K secara real time dan tanpa render privew, itu artinya komputer yang dibutuhkan untuk Edius Pro sangat berat jika ingin mengedit Film jenis 4K ditambah dengan perlengkapannya.


Avid Media Composer
Sumber

Software yang satu ini adalah software yang sangat membingungkan bagi anda yang benar - benar baru dengan Avid. mengapa saya katakan demikian, dari pengalaman saya menggunaka software ini cukup memberatkan untuk mengusainya, tetapi jika anda tekun dan memang mempunyai jiwa editing software apapun pasti bisa anda gunakan.

Untuk keunggulannya sendiri Avid Media Composer atau AMC sangat banyak, selain dapat langsung terhubung dengan studio televisi secara live melalui Avid Client, Avid juga lebih mengunggulkan kecepatan dalam mengedit, karena shortcut dan fungsinya semuanya bisa digunakan bagi anda yang butuh editing video cepat.tetapi Avid tidak sembarangan dalam memilih perangkat komputer, itu artinya perangkat yang anda gunakan untuk software ini  harus lebih ekstrim dibanding software yang lainnya.

Demikian beberapa cuplikan software dan review menurut saya sendiri sebagai penggunanya, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda yang ingin serius menekuni dunia editing video. intisari dari review ini adalah, bukan software atau mahalnya perangkat yang anda gunakan, tetapi hasil dai editan itu sendiri. selain itu gunakanlah software sesuai dengan kebutuhan anda sendiri dan lingkungan anda. kenapa demikian karena jika anda menggunaka software yang sama dengan teman atau kerabat anda, tentu saja itu  dapat membantu dalam mengatasi masalah.

tentu saja di luar sana masih banyak software video editing yang sering digunakan, oleh karena itu marilah saling berbagi dan sharing. sekian semoga bermanfaat. 

-Salam Yusri Pradana
Share:
Lokasi: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar